Cara Install/Re-Install OS Windows atau Linux Pada KVM VPS

Pada pertama kali anda membeli produk KVM VPS (USA/CANADA/FRANCE), semua kvm vps belumlah terinstall os seperti yang anda inginkan.
Misalnya anda ingin menggunakan Windows (RDP) pada kvm vps, pertama kali anda harus installasi os windows terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku untuk OS Linux.

Pada setiap KVM VPS (USA/CANADA/FRANCE) kami menyediakan beberapa template automatis yang bisa anda gunakan langsung ketika proses installasi telah selesai.

Linux : centOS, Debian, Ubuntu
Windows : 7 Ultimate SP1, Server 2012R2 Standard & Update, Server 2016 Standard

Untuk os windows, kami menyarankan anda menggunakan versi “Windows Server 2012R2 Standard”, sedangkan untuk Linux, anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Setelah anda melakukan order dan melakukan pembayaran, kemudian produk anda diaktifkan, anda akan menerima email dengan Judul “New Virtual Private Server “hostname” Detail Information”, buka email tersebut kemudian cek dibarisan paling bawah, anda akan melihat detail login panel vps. (Lihat Gambar 1.0) :

Gambar 1.0

Login ke alamat yang tercantum pada baris bawah “VPS Control Panel Access”. Setelah itu, utk manage vps anda, klik tanda panah ke arah kanan pada baris kanan. (Lihat Gambar 1.1) :

Gambar 1.1

Anda akan diarahkan ke vps sesuai yang anda klik tadi, pada halaman ini anda bisa manage vps anda sesuai keinginan. (Lihat Gambar 1.2) :

Gambar 1.2

Klik “OS Reinstall” untuk installasi os anda, pada gambar ini kami menggunakan os windows sebagai contoh, untuk linux juga sama, tidak ada perbedaan dalam cara reinstall tersebut. (Lihat Gambar 1.3) :

Gambar 1.3

Catatan penting (Update 1/2/2019) :
Saat ini tersedia 2 versi windows server 2012 R2, yaitu:
1. Original Dari ISO Windows dengan nama template windows-server2012R2-64bit (belum update dan menggunakan disk -+ 10 GB)
2. Latest Update Windows dengan nama template windows-server2012R2-64bit_Update (Sudah update dan menggunakan disk -+ 16 GB)

Silahkan pilih template sesuai kebutuhan anda..!!

Gambar 1.4

Masukkan password anda, PASTIKAN tidak ada karakter unik seperti ~!@#$%^&*()_+ pada password anda.

Contoh SALAH : *(UWED&*@
Contoh BENAR : PFNkvm2018

Password hanya kombinasi huruf kecil, HURUF BESAR dan ANGKA.
Password yang anda masukkan ini, digunakan untuk anda login ke server nanti ketika proses installasi telah selesai.

Kemudian klik “Reinstall” untuk melanjutkan installasi. (Lihat Gambar 1.5) :

Gambar 1.5

Akan muncul popup pesan, langsung OK saja untuk menyetujui proses installasi. . (Lihat Gambar 1.6 dan Gambar 1.7) :

Gambar 1.6
Gambar 1.7

Sampai disini, proses installasi akan dilakukan automatis oleh sistem, lamanya waktu berkisar antara 30-45 menit hingga benar-benar online. tampilan panel saat proses installasi seperti gambar dibawah ini. (Lihat Gambar 1.8) :

Gambar 1.8

Untuk mengecek apakah installasi telah selesai dan server kembali online, anda bisa klik tombol dibagian atas, atau tekan F5 pada browser anda. (Lihat Gambar 1.9) :

Gambar 1.9

Jika sudah kembali online, maka akan kembali seperti semula. . (Lihat Gambar 2.0) :

Gambar 2.0

Copy IP Address pada panel untuk login ke server anda, jika anda menggunakan windows pada vps, login ke vps dengan “Remote Desktop Connection”, jika linux pada vps, login ke vps dengan “Putty”. (Lihat Gambar 2.1) :

Gambar 2.1

Username Default Untuk Login :
Remote Desktop (OS Windows) : Administrator
SSH (Linux) : root


Password sesuai dengan yang anda masukkan pada menu “OS Reinstall” tadi (Pada Gambar 1.4 dan Gambar 1.5)

Notes : semua os windows yang kami sediakan adalah versi trial, untuk windows server, sudah ada lisensi trial yang aktif automatis selama 180 hari, bisa anda reset kembali jika habis -+ 5x reset.

Sekian tutorial kali ini tentang “Cara Install/Re-Install OS Windows atau Linux Pada KVM VPS”, jika ada kesulitan, silahkan komentar langsung pada post ini atau menghubungi kami di cs@premiumfast.net.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *