[PART-2] Pengenalan Dasar Fungsi-Fungsi pada CPanel Shared Hosting

Setelah sebelumnya kita sukses Mengarahkan Domain ke Shared Hosting, selanjutnya adalah login ke CPanel (Control Panel) Shared Hosting anda.

Bagi anda yang baru pertama kali menggunakan shared hosting pasti akan kesulitan mengenai fungsi-fungsi yang tersedia, dan pada tutorial ini saya akan jelaskan satu-per-satu.

Pertama, tentu saja halaman login CPanel akan terlihat seperti ini (Lihat Gambar 1.0)

Gambar 1.0

Kemudian setelah login, ada sub-menu Files (Lihat Gambar 1.1)

Gambar 1.1

Penjelasan Sub-Menu Files :
– File Manager : Berfungsi untuk upload file, download file, setting file, editing file, anda lakukan dari menu ini, untuk publik folder default ada di “public_html”
– Images :
Berfungsi sebagai tempat membuat thumbnail (gambar kecil), merubah ukuran, resolusi gambar dan convert ekstensi gambar dari jpg ke png misalnya.
– Directory Privacy 
: Berfungsi sebagai pelindung folder anda dengan menggunakan password sehingga ketika diakses melalui website, pengunjung akan diminta password untuk mengakses folder tersebut
– Disk-Usage : Berfungsi untuk mengecek ukuran dari semua file yang ada pada akun cpanel anda berdasarkan folder
– Web Disk : Berfungsi untuk menyimpan file, mengupload file, mangatur file anda melalui web server secara terpisah
– FTP Account : Adalah sebuah akun yang berfungsi untuk transfer antar server/pc menggunakan protokol FTP, sehingga jika anda ingin upload file ke web server, anda tidak perlu membuka File Manager pada Cpanel lagi.
– FTP Connection : Berfungsi untuk mengecek siapa saja yang terhubung ke website pada akun cpanel anda menggunakan ftp
– File Restoration : Berfungsi untuk mengembalikan semua data dari hasil backup ke akun cpanel anda

Selanjutnya kita ke sub-menu Database dan Domain (Lihat Gambar 1.2)

Gambar 1.2

Penjelasan Sub-Menu Database :
– PHPMyadmin : Berfungsi untuk mengatur semua database yang ada pada akun cpanel anda, mulai dari merubah, menyimpan, mengedit, ekspor database, impor database dll.
– MYSQL Databases :Befungsi untuk membuat database baru beserta akun database (Advance Mode)
– MYSQL Databases Wizard : Sama seperti sebelumnya, hanya disini lebih dipermudah lagi dalam pembuatan database karena sudah dibuat step-by-step, tinggal anda isi sesuai form

Penjelasan Sub-Menu Domains :
– Site-Publisher : Berfungsi untuk membuat website dengan cepat menggunakan template yang tersedia
– Addons Domains : Berfungsi untuk menambah/menghapus domain pada akun cpanel anda (Default domain tidak dapat dirubah/dihapus), contohnya : premiumfast.net
– Sub-Domains : Berfungsi untuk menambah/menghapus sub-domain pada akun cpanel anda, contohnya sub domain : blog.premiumfast.net
– Aliases : Berfungsi untuk mengarahkan beberapa domain ke satu domain, misalnya anda punya web : aku.com, aku.net, aku.info kemudian 3 domain tersebut membuka data web yang sama yaitu aku.org ,, jadi ketika anda mengakses salah satu domain seperti aku.com maka akan muncul data pada web aku.org (perlu dicatat, domain aku.org harus tersimpan pada akun cpanel anda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *